Melakukan Ketetapan Tuhan
Ps. Guntur Gunawan

Mikha 6:1-2

Firman Tuhan memuat perintah dan aturan yang harus kita taati. Firman-Nya tidak hanya ditujukan khusus untuk satu orang saja, tetapi kepada semua orang yang rindu untuk mengenal Dia. Sebagai orang percaya dan mengenal Tuhan Yeshua, jadikan firman Tuhan yang berbicara untuk mengubah kehidupan sehingga kita bisa lebih mengasihi dan mencintai Tuhan.

Pesan atau isi hati Tuhan kepada Mikha (Mikha 3:11)

1. Suap dilakukan oleh tiga jabatan pada zaman itu. Pertama, kepala atau pemimpinnya memutuskan hukuman karena suap. Ke dua, seorang imam memberi pengajaran karena upah atau bayaran. Dan, ke tiga, para nabi bernubuat karena uang.

Hal seperti ini juga kita jumpai di masa-masa sekarang. Saat melayani Tuhan, orang tidak berpusat atau berfokus kepada Tuhan, tetapi besarnya persembahan yang diterima sehingga yang disampaikan bukan isi hati Tuhan, melainkan isi hati diri sendiri. Firman yang disampaikan hanya untuk menyenangkan hati yang mendengar, tetapi tidak bisa mengubah kehidupan. Hal-hal tersebut di mata Tuhan tidak berkenan dan tidak layak.

2. Ketidakadilan (Mikha 2:1-2).

Pada zaman itu mereka melakukan hal-hal sesuka hatinya dan keinginannya harus tercapai tanpa memedulikan orang lain karena punya kuasa dan otoritas yang dimiliki. Sebagai anak-anak Tuhan, kita harus menghindari hal-hal seperti ini. Kehidupan kita seharusnya bisa menjadi contoh dan teladan yang baik bagi orang-orang yang berada di sekitar kita.

3. Jatuh di dalam penyembahan berhala (Mikha 5:11-13).

Lebih mengutamakan atau mendahulukan kesenangan, pekerjaan, anak, gadget, dan lain-lain dibandingkan datang pada Tuhan. Apabila kita sudah melakukan hal-hal tersebut dan sampai terikat secara tidak sadar kita sudah melakukan penyembahan berhala. Tuhan dijadikan kebutuhan paling akhir dari semua hal di dalam hidup kita. Apa pun yang kita lakukan seharusnya Tuhan menjadi pusat hidup kita.

Kesimpulan
Tuhan mengasihi kita semua sehingga perintah-Nya diperuntukkan bagi setiap kita yang mau sungguh-sungguh mengasihi Dia. Bukan hanya untuk bangsa Israel, tetapi untuk semua yang mau datang pada Tuhan (Ulangan 10:12-13). Tuhan punya tuntutan dan standar untuk kita lakukan, yaitu berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup rendah hati di hadapan Tuhan.