Kebugaran Rohani
Ps. Tekgianto Gunawan

Menjaga kebugaran tubuh harus kita lakukan, bila ingin mendapat umur yang panjang dan menikmati hidup. Kebugaran jasmani dapat kita lakukan dengan cara rajin berolahraga, menjalani pola makanan sehat, dan rajin check up kesehatan pada dokter. Kalau urusan menjaga kebugaran tubuh jasmani kita sudah tahu solusinya. Namun, kebugaran rohani harus juga kita jaga. Solusi untuk tetap bugar rohani di hadapan Tuhan, antara lain:

  1. Pertahankan kasih mula-mula kita kepada Tuhan (Wahyu 2:4)

Meninggalkan kasih mula-mula atau kasih menjadi dingin (Mat. 24:12) bukan menunjuk pada lunturnya kasih kepada Tuhan. Mereka mungkin masih datang ke gereja, masih melayani (ambil bagian dalam pelayanan), tetapi semuanya itu mereka kerjakan karena rutinitas. Kehidupan yang berpusat pada Tuhan Yeshua, bukan lagi menjadi prioritas utama kekristenan kita. Firman Tuhan tidak lagi menjadi tempat kita mencari solusi setiap masalah yang ada di dalam hidup kita. Dalam 2 Tim. 3:5, Rasul Paulus sedang berbicara mengenai mereka yang mengaku diri orang Kristen dan kelihatan baik, tetapi tidak terlihat perubahan dalam hidup mereka. Firman Tuhan tidak lagi menjadi patokan atau pegangan utama dalam hidup mereka. Mereka cenderung untuk bertoleransi dengan dosa. Karena itu, jangan pernah kita kehilangan kasih mula-mula kita kepada Tuhan. Pertahankan dan terus bangun hubungan pribadi kita dengan Tuhan melalui kualitas doa dan saat teduh pribadi kita.

  • Kita harus membeli kebenaran (Amsal 23:23)

Kebenaran adalah sesuatu yang dengannya hati akan dibimbing dan diatur. Melalui kuasa kebenaranlah hidup kita akan dijauhkan dari dosa yang membawa kepada kebinasaan. Amsal 23:23 mengatakan bahwa kita harus membeli kebenaran, yaitu harus rela berpisah dengan apa saja demi kebenaran yang Tuhan sediakan. Raja Salomo tidak berkata dengan harga berapa kita harus membelinya. Sebab, kebenaran Tuhan tidak akan pernah dapat kita beli, tetapi maksud raja Salomo kita harus mendapatkan kebenaran Tuhan ini berapa pun harganya. Berapa pun harga yang harus kita bayar, kita tidak akan pernah menyesal membayarnya. Peganglah segala sesuatu (kebenaran Firman Tuhan) yang telah kita dapatkan dan jangan pernah melepaskannya demi apa pun.

  • Berikan hati kita kepada Tuhan dan tetap tinggal dalam jalan-jalan Tuhan (Amsal 23:26)

Dalam Amsal 23:26, Tuhan berbicara kepada setiap kita, anak-anak-Nya, untuk menyerahkan hati kita kepada Tuhan. Ada begitu banyak anak-anak Tuhan (orang Kristen) bisa memberikan uang mereka atau waktu mereka, tetapi tidak bisa memberikan hati mereka sepenuhnya kepada Tuhan. Apa pun yang kita berikan, tetapi jika kita tidak memberikan hati kita kepada-Nya maka semuanya itu sia-sia. Jika hati kita menjadi milik Tuhan maka kita akan tetap ada di jalan-jalan kebenaran Tuhan. (baca Yoh. 15:1-8). Saatnya check up kondisi rohani kita. Apakah kita mengasihi Tuhan dengan segenap hati, segenap jiwa, segenap akal budi, dan segenap kekuatan kita?