Prioritas Kehidupan
Ps. Samuel Supriyadi

Tuhan Yeshua adalah teladan di dalam kehidupan kita sebagai orang percaya. Supaya, bisa meneladani kehidupan Tuhan Yeshua, kita harus mengetahui hal-hal apa yang Tuhan Yeshua kerjakan dan lakukan selama berada di dunia.

Ada tiga hal prioritas Tuhan Yeshua selama berada di dunia:

  1. Prioritas Tuhan Yeshua di dalam hal berdoa (Markus 1:35)

Tuhan Yeshua berdoa di pagi hari sebelum melakukan hal yang lain. Saat seseorang harus bangun pagi, berarti ada sesuatu yang penting untuk dikerjakan. Sama halnya apa yang telah Tuhan Yeshua lakukan, Dia bangun pagi hari untuk berdoa dan menjadikan doa sebagai hal yang penting untuk dilakukan sebelum melakukan hal-hal yang lain.

Kita pun harus bisa mempraktikkan apa yang telah dilakukan Tuhan Yeshua untuk bangun pagi dan berdoa. Namun, doa seperti apa yang harus kita lakukan sebelum kita memulai atau melakukan segalanya di sepanjang hari? Seperti dalam Mazmur 91:1-16.

Doa yang harus kita lakukan adalah doa yang benar-benar terhubung dan berjumpa dengan Tuhan Yeshua, bukan doa yang sekadar datang pada Tuhan dan tidak bisa merasakan hadirat-Nya. Kita akan merasa bosan dan waktu terasa sangat lama saat kita berdoa bahkan tidak ada kerinduan berjumpa dan datang pada Tuhan. Jadi, saat kita datang pada Tuhan dan merasakan kehadiran-Nya, akan ada hubungan dua arah.

Doa dalam naungan-Nya menjadikan kita lebih peka terhadap jerat-jerat yang akan menyerang di sekitar. Karena itu, kita harus benar-benar mempersiapkan waktu di pagi hari untuk berjumpa dengan Tuhan Yeshua. Sebab kita tidak akan rugi, tetapi justru hidup kita dipimpin dan disertai-Nya.

  • Prioritas Tuhan Yeshua di dalam melakukan kehendak Bapa (Yohanes 4:34)

Banyak kehendak yang harus dilakukan. Contohnya, kehendak Tuhan Yeshua, kehendak dari diri sendiri, orang-orang yang ada di sekitar kita, dunia, setan, dan lain-lain. Semuanya punya kehendak supaya bisa tercapai dan terwujud. Manakah yang akan kita pilih untuk dilakukan?

Tuhan Yeshua juga bergumul untuk melakukan kehendak Bapa (Matius 26:39). Kita harus benar-benar memikirkan dan melakukan kehendak Tuhan di dalam kehidupan kita. Cara mengetahui kehendak Tuhan dengan membaca dan merenungkan firman Tuhan yang hidup, yang sanggup mengubah kehidupan kita sesuai dengan kehendak Tuhan.

  • Prioritas Tuhan Yeshua dalam hal mengutamakan surga (Mat. 4:8-9; 6:20)

            Bukan berarti kita tidak boleh memiliki harta, tetapi apakah harta yang kita miliki dan kehidupan kita, keluarga, pekerjaan, sekolah, atau pelayanan kita sudah mengutamakan surga? Atau, kita menginginkan untuk tetap tinggal di dunia? Tuhan Yeshua mengajarkan kepada kita untuk lebih mengutamakan hal-hal surga yang punya nilai kepada kekekalan.

Kesimpulan
Kita harus sungguh-sungguh mempraktikkan teladan yang Tuhan Yeshua lakukan. Teladan Tuhan Yeshua yang kita praktikkan dalam kehidupan kita tidak akan sia-sia, tetapi mempunyai nilai kekekalan yang akan kita terima.