Kehendak Tuhan Bagi Gereja-Nya
Pnt. Lokky S. Tjahja

Yohanes 17:21-22

Kita harus merindukan dengan kesungguhan hati supaya kemuliaan Tuhan turun dan kita bisa menjadi satu sesuai dengan apa yang Tuhan rindukan (Yohanes 17:22). Kita harus bisa menunjukkan kepada dunia bahwa kita berbeda dengan mereka sehingga nama Tuhan Yeshua semakin dipermuliakan melalui hidup kita.

Firman Tuhan dalam Efesus 4:4-6 menjelaskan bahwa Tuhan Yeshua adalah fokus dari segala sesuatu yang ada. Kita sebagai anggota tubuh Kristus harus bisa saling melengkapi satu dengan yang lain supaya kehendak dan rencana Tuhan terjadi atas umat-Nya serta kesatuan roh bisa terjadi atas gereja Tuhan. Hal ini yang akan membuat nama Tuhan makin dipermuliakan dan ditinggikan. Sebagai anak-anak Tuhan yang sudah percaya dan lahir baru, sebaiknya kita menghindari perselisihan dan saling membenarkan diri sendiri. Kita harus memiliki satu tujuan dan kerinduan supaya banyak orang bertobat dan menerima Tuhan Yeshua sebagai Juruselamat.

Tentang UNITY

  1. Unity=Sepakat (Amos 3:3, ILT) → kesepakatan dibuat antara satu dengan satunya menyetujui apa yang telah diperkatakan untuk dilakukan bersama.
  2. Unity=Sehati (Kis. 1:14, LAI) → Dari hati terpancar kehidupan. Apabila dengan hati yang benar di hadapan Tuhan berarti hatinya dijamah oleh Roh yang sama (Roh Kudus) untuk mempermuliakan Tuhan. Kesehatian perlu kita lakukan supaya lawatan Tuhan terjadi dan nyata.
  3. Unity=Seiya sekata
  4. Unity=Sejiwa

Kita bisa belajar dari burung merpati yang kalau terbang, selalu bersama-sama. Walaupun tidak ada instruksi atau perintah. Burung merpati terbang bersama-sama dan mengepakkan sayapnya untuk mencapai tujuan mereka. Burung merpati juga bisa menempatkan dirinya di posisi memimpin dan yang dipimpin. Antara merpati satu dengan yang lainnya, memiliki pengaruh pada saat-saat tertentu dan hal ini membuat mereka tidak kelelahan.  Karena, ada kebersamaan satu dengan yang lain sehingga membuat ringan dan cepat sampai ke tujuan.  Dengan kebersamaan kita pasti bisa

Melalui kebersamaan satu dengan yang lain (tubuh Kristus), kita pasti bisa mewujudkan kerajaan Tuhan di bumi. Bagaimana caranya untuk kita bisa bersatu dengan yang lainnya sebagai gereja Tuhan? Tertanamlah pada satu gereja. Jika kita mau bertumbuh dan berbuah-buah, kita harus tertanam pada satu gereja (bait Tuhan) (Mazmur 92:13-16). Lalu, menangkap visi untuk mendukung serta melakukan visi yang ada di gereja tersebut. Akhirnya, banyak orang yang bertobat dan menerima Tuhan Yeshua sebagai Juruselamat. Ada berkat yang kita terima (Mazmur 133:1-3). Berkat Tuhan akan terus menyertai bila kita melakukan kebenaran-kebenaran firman Tuhan.