Mujizat Kuasa Surgawi
Oleh Ps. Jonathan Wantoro

Peristiwa mujizat menjadi bagian dari perjalanan pelayanan Tuhan Yeshua di bumi. Pelayanan Tuhan Yeshua adalah pelayanan Kerajaan Surga, yaitu membawa dan menyatakan kuasa Kerajaan Surga (1 Korintus 4: 20). Karena Kerajaan TUHAN itu bukannya terdiri (berwujud) atas perkataan, melainkan atas kuasa (God’s kingdom isn’t just a lot of words.  It is power, CEV).

            Kerajaan Surga tidak mengarahkan pandangan ke hal-hal duniawi, misalnya makan dan minum (berkaitan dengan kepuasan daging) (Roma 14:17). Namun, fokus Kerajaan Surga adalah

  1. Kebenaran, yaitu firman Tuhan dan janji-janji TUHAN.
  2. Damai sejahtera, yaitu hubungan sesama manusia yang dirindukan semua orang.
  3. Sukacita, yaitu suasana hidup yang menjadi dambaan.

Yang semuanya dikerjakan oleh kekuatan supranatural dari TUHAN, yaitu ROH KUDUS (Yohanes 18: 36).

Langkah-langkah untuk mengalami kuasa Kerajaan Surga, dalam peristiwa orang lumpuh yang disembuhkan (Matius 9: 1-8):

  1. Harus ada kesatuan hati

“Maka dibawa oranglah kepada-Nya seorang lumpuh yang terbaring di tempat tidurnya. Ketika Yeshua melihat iman mereka,…”

  • Mendapat pengampunan dari TUHAN

“… berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: “Percayalah, hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni.“            “Cheer up, son. I forgive your sins” (versi The Message). Pengampunan adalah bentuk dari            anugerah TUHAN.

  • Selalu siap dan mengabaikan gangguan, yang bisa datang dari dalam diri sendiri dan dari orang lain.

“Maka berkatalah beberapa orang ahli Taurat dalam hatinya: “Ia menghujat TUHAN.” Namun,Yeshua mengetahui pikiran mereka, lalu berkata: “Kamu memikirkan hal-hal yang jahat di dalam hatimu? Manakah lebih mudah, mengatakan: “Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah dan berjalanlah?””

Tuhan Yeshua dengan tegas menyatakan otoritas-Nya bahwa mengampuni dosa dan menyembuhkan adalah milik-NYA, milik Kerajaan Surga, otoritas Kerajaan Surga. Dan, semuanya adalah kehendak TUHAN, “Namun, supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa.” Lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: “Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!“ (“Well, just so it’s clear that I’m the Son of Man and authorized to do either, or both … Get up. Take your bed and go home,” The Message).

4. TUHAN Yeshua sudah menyatakan mujizat, hasilnya tergantung bagaimana kita menanggapinya. “Dan orang itu pun bangun lalu pulang” (And the man did it, The Message). Bila kita memiliki kehidupan yang mengalami kuasa Kerajaan surga, hidup kita akan menjadi dampak bagi lingkungan, Sehingga Nama TUHAN Yeshua dimuliakan. “Maka orang banyak yang melihat hal itu takut lalu memuliakan TUHAN yang telah memberikan kuasa sedemikian itu.”