Ucapan Berkat Harun

Oleh: Ps. Indro Puspito

Tuhan juga memakai manusia sebagai perantara untuk bisa memberkati kita. Manusia yang dipakai Tuhan untuk memberkati kita; perkataan dan perbuatannya sudah diatur oleh Tuhan. Sehingga, apa yang diperbuat dan diperkatakan sesuai dengan hati Tuhan.

Tuhan memperkenalkan diri-Nya melalui berkat yang diterima oleh Harun. Nama-Nya (YHWH) mempunyai arti dan kuasa yang besar pada kehidupan Harun. Bapa membuktikan bahwa Dia sangat serius dengan Nama-Nya (YHWH). Hal ini dibuktikan sampai penyebutan nama YHWH diulang tiga kali (Bil. 6:22-27).

Proses penerjemahan Kitab Suci berasal dari bahasa asli Ibrani → Yunani → Inggris → dan Indonesia. Penerjemahan yang dilakukan mengandung arti yang berbeda-beda. Penerjemahan  dapat diartikan dari berbagai sudut pandang, seperti budaya, bahasa, waktu, lokasi, situasi, kondisi, politik, dan lain-lain. Karena, hal-hal tersebut, akhirnya kita mengalami kesulitan untuk mengerti dan memahami arti, maksud, atau tujuan yang sebenarnya dari kebenaran firman Tuhan.

Pemahaman kata-kata menurut pengertian Ibrani (Bil. 6:24-26)

  1.  YHWH memberkati engkau :

            Berasal dari bahasa Ibrani, Barakh, artinya berkat (Bil. 6:24). Barakh juga bisa diartikan, berhenti (Kej. 24:11). King James Version dalam kata ‘berhenti,’ diterjemahkan to knell down (berlutut), sehingga dalam pemahaman Ibrani, barakh berarti seseorang yang berlutut dan memberi hadiah. Hal ini juga dilakukan Bapa kepada kita. Contohnya, saat Tuhan berlutut untuk membasuh kaki murid-murid-Nya (Yoh. 13:4-5). Dia melayani kita dengan kerendahan hati (berlutut). Hadiah yang Bapa YHWH berikan adalah torah.

  • YHWH melindungi engkau

            Berasal dari bahasa Ibrani, Shamar, artinya melindungi. Shamar juga diartikan, berpeganglah (Ulangan 4:40). Orang Ibrani menerjemahkan, Shamar, dengan membuat pagar dari tanaman berduri untuk melindungi. Shamar, dalam hal ini berarti perlindungan Tuhan kepada kita sangat aman. Perlindungan Tuhan sangat kokoh dan tidak bisa ditembus oleh apa pun. Dan, perlindungan-Nya sempurna.

  • YHWH menyinari engkau

            Berasal dari bahasa Ibrani, or, artinya bersinar. Orang Yahudi memiliki pola pikir bahwa kata ‘terang’, berarti teratur; sedangkan ‘gelap,’ berarti kekacauan. Bapa YHWH memberi ‘terang,’ sehingga kehidupan menjadi teratur. Tuhan merindukan kehidupan kita yang tertib dan teratur dalam segala hal, sebagai anak-anak Tuhan. Hal ini juga sudah dilakukan pekerjaan Roh Kudus saat ini (tertib dan teratur).

  • YHWH memberi kasih karunia

            Berasal dari bahasa Ibrani, Khanan, artinya kasih karunia. Khanan, juga diartikan ‘jelita atau sesuatu yang indah’ (Amsal 5:19). Kata lain yang berhubungan dengan Khanan (kasih karunia) adalah mekhenah (tenda atau rumah). Saat orang-orang Yahudi mendengar kata mekhenah atau tenda, itu berarti tempat untuk beristirahat yang tersedia makanan, persahabatan, dan kasih. Khanan, dalam konsep orang Ibrani adalah Bapa YHWH menyediakan kasih, persahabatan, dan makanan dalam hidup.

  • YHWH menghadapkan wajah-Nya

            Berasal dari bahasa Ibrani, Nasa, artinya menghadapkan. Orang Ibrani mengartikan sebagai ‘mengangkat’ (memerhatikan secara khusus). Bapa YHWH memerhatikan kita secara khusus, dipandang berharga, dan serius dengan kehidupan kita. Perjanjian Baru menuliskan bahwa gembala yang baik, mengenal domba-dombanya. Hal ini berarti Bapa YHWH sangat memperhatikan dan mengenal setiap kita secara khusus.

  • YHWH memberi damai sejahtera

            Berasal dari bahasa Ibrani, Shalom, artinya damai sejahtera (Keluaran 21:33-34). Membayar ganti rugi dalam bahasa ibrani disebut, Shalam, yang merupakan akar kata dari Shalom. Shalam, berarti memulihkan ke bentuk aslinya. Shalom, berarti mendapat pemulihan secara keseluruhan atau sempurna dalam segala hal di hidup kita. Mazmur 122:6, “Berdoalah untuk kesejahteraan Yerusalem.” Kata ‘kesejahteraan’ diartikan, pemulihan atau berdoa untuk pemulihan Yerusalem. Pemulihan Yerusalem dalam hal pemulihan Torah, yang dijadikan sebagai gaya hidup. Gaya hidup sesuai dengan torah yang dirindukan Bapa untuk kita lakukan di dalam kehidupan kita. Saat kita taat dan melakukan torah, Bapa YHWH berlutut untuk memberi hadiah kepada kita. Yaitu, memberikan terang supaya kehidupan kita teratur. Karena Bapa YHWH memerhatikan setiap kita secara khusus dan akan memulihkan hidup kita dengan sempurna.