BERSYUKUR

Firman Tuhan dalam Ibrani 13:15 mengajarkan kepada kita supaya kita senantiasa mengucap syukur kepada Tuhan. Bersyukur merupakan hal yang mudah dilakukan pada saat kita mengalami hal-hal yang menggembirakan. Namun, bila ada hal yang tidak kita inginkan terjadi, masihkah kita bisa bersyukur?

            Bersyukur merupakan hal yang perlu dilatih (dibiasakan) setiap hari dan setiap saat.

  1. Berpikirlah positif terhadap semua yang terjadi atau semua yang ada

Setiap kejadian yang ada dalam hidup kita, pasti mempunyai dua sisi, negatif dan positif. Kita akan mendapatkan hal positif atau negatif, semuanya tergantung dari pilihan kita. Contohnya, bila ada seseorang yang membuka usaha apotek, kita dapat berpandangan positif atau negatif. Bila dari sisi positif, kita akan ikut senang dengan kehadirannya. Karena, mungkin akan memudahkan orang lain membeli obat-obatan. Sebaliknya, bila kita memandang dari sisi negatif, kita akan menolaknya. Kita berpikir bahwa pemiliknya adalah orang jahat, karena mengharapkan banyak orang sakit. Celakanya, bila kita memandang hal negatif terhadap orang yang menjual peti mati. Oleh karena itu, sadari bahwa segala sesuatu pasti ada sisi positif dan negatifnya, pilihlah untuk berpikir positif. Filipi 4:8 mengajarkan kita untuk selalu memikirkan hal-hal yang benar, mulia, adil, manis, sedap didengar, patut dipuji, dan hal-hal lain yang disebut kebajikan. Jadi, mulai sekarang biasakan pikiran kita untuk melihat hal positif setiap saat.

  • Hitung berkat Tuhan

Bila mengalami sesuatu yang tidak menyenangkan, cobalah untuk menghitung semua berkat dari Tuhan yang sudah kita terima. Penelitian menunjukkan bila kita menghitung berkat Tuhan minimal tiga berkat setiap harinya, hal ini akan meningkatkan kebahagiaan kita dan memberi energi bagi kita.

  • Berserah

Sering, orang lupa bersyukur karena ingin mengontrol hal-hal yang di luar kendalinya. Lebih baik kita pikirkan dan lakukan apa yang menjadi bagian kita. Selebihnya hal-hal yang di luar kendali, kita serahkan kepada Tuhan. Biar kehendak-Nya yang terjadi. Percayalah bahwa Tuhan memegang kendali atas setiap aspek hidup kita. Bila Tuhan yang pegang kendali, tidak ada sesuatu yang luput dari perhatian-Nya, bahkan rambut kepala kita pun tidak akan jatuh tanpa seizin Tuhan.

  • Yakinlah bahwa semuanya mendatangkan kebaikan bagi yang mengasihi Tuhan

Roma 8:28 menjelaskan bahwa Tuhan turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi kita yang mengasihi Tuhan. Oleh karena itu, pastikan diri kita mengasihi Tuhan.

  • Bersyukurlah

Saat tidak tahu apa yang harus disyukuri, tetap ucapkan syukur. Contohnya ucapkan saja “Terima kasih Tuhan”. Meskipun saat itu kita tidak dapat melihat hal yang bisa disyukuri, tetapi tetaplah bersyukur. Ucapkan kata-kata syukur dan memuji Tuhan karena Tuhan sangat suka dengan orang yang selalu bersyukur. Oleh karena itu, jangan menunggu hal baik datang baru bersyukur, tetapi bersyukurlah selalu maka hal yang baik akan datang. Mari mulai hari ini kita latih diri kita untuk dapat selalu bersyukur.