MEMANDANG RINGAN

Pada umumnya, umat Krstiani menganggap dosa adalah perkara ringan dan sepele. Bukankah Tuhan Yeshua telah wafat di atas kayu salib untuk menebus dosa umat manusia? Apabila kita berbuat dosa, maka darahNya akan membasuh kita kembali.

? 1YOHANES 1
 9. Jika kita mengaku dosa-dosa kita, Dia adalah setia dan adil, sehingga Dia akan mengampunkan kepada kita dosa-dosa itu dan membersihkan kita dari segala ketidakadilan.

?Sepintas lalu, tampaknya urusan penyelesaian dosa begitu mudah. Cukup dengan mengaku, semuanya beres. Apakah semudah itu?
Apa yang terjadi apabila suatu dosa telah diakui?
☆ Kesetiaan Tuhan membuat Tuhan tetap menerima kita kembali. Meskipun kita tidak setia, Tuhan tetap setia ( 2Tim2:13 ).
☆ Keadilan Tuhan akan berlaku. Setiap dosa pasti ada akibatnya.
Nah.1:3 YHWH panjang sabar dan besar kuasa-Nya, namun Dia sungguh-sungguh tidak akan membiarkan orang bersalah tanpa hukuman. YHWH berjalan dalam angin ribut dan badai, dan awan adalah debu kaki-Nya.
☆ Pengampunan tetap diberikan dan Tuhan membuang dosa kita jauh-jauh Mikha 7:19 Dia akan kembali, Dia akan menunjukkan belas kasihan kepada kita, Dia akan menginjak-injak kesalahan-kesalahan kita; dan Engkau akan melemparkan semua dosa mereka ke dalam tubir laut.
☆ Proses pembersihan dan pemulihan dikerjakan.

?Setiap penyelesaian dosa akan melalui semua tahapan ini. Tidak semudah membalikkan tangan untuk menyelesaikan urusan dosa, seperti yang seringkali diajarkan di mana-mana.

Manusia mudah melakukan dosa karena tidak menyadari akan akibatnya. Dosa itu sangat merusak. Ketika Hawa berbuat dosa, untuk membenahi kerusakan yang terjadi, diperlukan proses yang sangat panjang, ribuan tahun.
Ketika Abraham melakukan kesalahan, akibatnya dapat kita rasakan sampai sekarang.

?Kita tidak tahu apa akibat dosa yang telah kita perbuat. Tetapi kasih setia Tuhan yang besar tetap memberikan pengampunan dan pemulihan kepada kita secara pribadi. Hanya saja proses pembersihan tetap berlangsung. Tidak bisa asal mengaku dan minta ampun semuanya beres.

?Apalagi jika kita mengaku dan minta ampun, tetapi mengulang dan mengulang lagi. Kita sedang mempermainkan pengorbanan Tuhan Yeshua di atas kayu salib, dan melecehkan darahNya yang telah tercurah bagi kita.

?Jangan bermain-main dengan dosa. Dosa itu merusak dan berakibat maut apabila tidak ada pertobatan.
( Roma 6:23 ). Takutlah akan Tuhan, Elohim YHWH dan kasihilah Tuhan.
Tuhan Yeshua memberkati kita semua….??????