KEPO

Darimana dosa mulai mendapat kesempatan untuk masuk ke dalam kehidupan manusia? Dari rasa ingin tahu yang tidak pada tempatnya (kepo).

? KEJADIAN 3
 1. Adapun ular itu cerdik lebih dari segala binatang liar di padang yang telah YHWH, Elohim, jadikan. Dan dia berkata kepada wanita itu, “Benarkah Elohim berfirman bahwa kamu tidak boleh makan dari semua pohon di taman ini?”
 2. Dan wanita itu berkata kepada ular itu, “Kami boleh makan buah dari pohon di taman ini,
 3. tetapi buah dari pohon yang ada di tengah-tengah taman itu Elohim telah berfirman: Kamu tidak boleh memakannya atau menyentuhnya, karena engkau akan mati.”
 4. Namun ular itu berkata kepada wanita itu, “Kamu sekali-kali tidak akan mati,
 5. karena Elohim mengetahui bahwa pada saat kamu makan buah itu, matamu akan terbuka dan kamu akan menjadi seperti Elohim, yaitu mengetahui yang baik dan yang jahat.”
 6. Dan wanita itu melihat bahwa pohon itu baik sebagai makanan, dan karena daya tariknya bagi mata, serta pohon yang diinginkan untuk menjadikan bijaksana, maka dia memetik buahnya dan memakannya dan juga memberikannya kepada suaminya yang ada bersamanya, dan dia memakannya.

?Ketika Hawa mendengar apa yang dikatakan oleh iblis yang telah menguasai ular, pasti timbul rasa ingin tahu dan ingin membuktikan kebenaran dari perkataan si ular.

?Tidak ada yang salah dengan ‘ rasa ingin tahu ‘. Kemajuan-kemajuan teknologi sedikit banyak dimulai dari ‘ rasa ingin tahu ‘. Tetapi, rasa ingin tahu yang berlebihan atau tidak pada tempatnya, dapat menimbulkan masalah. Apalagi jika rasa ingin tahu itu telah melampaui batasan-batasan yang Tuhan berikan.

?Kita pasti tidak merasa nyaman ketika seseorang terus bertanya tentang masalah pribadi kita yang tidak ada sangkut pautnya dengan dia. Kita pasti akan mengatakan bahwa dia seorang yang ‘ kepo ‘.

?Seorang suami/isteri jatuh dalam perselingkuhan, karena ‘ ingin tahu ‘ apakah sungguh ada ‘ kesenangan ‘ yang sering ditawarkan melalui film-film yang sering mereka tonton? Anak-anak muda jatuh ke dalam pergaulan bebas dan narkoba, karena rasa ingin tahu yang tidak terkendali.

?Salomo juga seseorang yang mempunyai ‘ rasa ingin tahu ‘ yang sangat besar, sehingga dia melakukan banyak penyelidikan tentang segala sesuatu yang ada di bumi ini (Pkh.1:13a) . Ini juga yang mengakibatkan dia memiliki begitu banyak isteri dari berbagai-bagai suku bangsa.

?Rasa ingin tahu yang berlebihan dan tidak pada tempatnya dapat membuat kita lupa diri dan lupa Tuhan. Kita harus dapat mengendalikan rasa ingin tahu kita. Kita harus menggunakannya dengan baik, sesuai kehendak Bapa.

?Alangkah baiknya jika kita selalu ‘ ingin tahu ‘ akan Kerajaan Surga dan Kebenarannya. Sebaliknya, matikan rasa ingin tahu yang hanya akan membawa kita kepada dosa. Kiranya Tuhan Yeshua memberkati kita semua…?????