OH PAULUS…..

Rasul Paulus, seorang rasul yang luar biasa dalam hikmat dan pengertiannya. Karena latar belakangnya sebagai seorang ahli Taurat, pengertian-pengertiannya tentang Taurat sangat dalam. Jika kita membaca surat-suratnya dengan tidak mempunyai dasar pengertian yang cukup akan Firman Tuhan, kita akan bingung, bahkan mungkin mendapatkan pengertian-pengertian yang keliru atau dibelokkan dari kebenaran.

? 2PETRUS 3
 15. Dan, anggaplah kesabaran Tuhan kita adalah keselamatan, sebagaimana pula Paulus, saudara kita yang terkasih, telah menuliskannya kepadamu sesuai dengan hikmat yang telah dianugerahkan kepadanya.
 16. Dan sebagaimana pada semua surat yang di dalamnya berbicara mengenai hal-hal itu, yang di antaranya ada beberapa hal yang sulit dipahami seperti juga kitab-kitab yang lainnya, mereka yang kurang terpelajar dan kurang kokoh memutarbalikkannya ke arah kebinasaan mereka sendiri.
 17. Karena itu kamu, hai yang terkasih, karena mengetahui sebelumnya, hendaklah kamu berjaga-jaga agar keteguhanmu sendiri tidak runtuh karena turut terseret dalam kesalahan orang-orang fasik.
 18. Dan bertumbuhlah dalam anugerah dan dalam pengetahuan akan Tuhan dan Juruselamat kita, YESHUA HaMashiakh. Bagi Dialah kemuliaan, baik sekarang maupun sampai hari akhir zaman! Amin

?Tampaknya surat-surat rasul Paulus telah banyak menimbulkan perdebatan, sehingga rasul Petrus harus memberikan peringatan supaya berhati-hati dalam membaca surat-suratnya, karena ada hal-hal yang sulit dipahami.

?Rasul Petrus bahkan mengingatkan, jika seseorang tidak mempunyai pengetahuan yang cukup akan Torah Tuhan (kurang terpelajar) dan tidak berpegang teguh kepada Kebenaran Tuhan (kurang kokoh), ketika membaca surat-surat Paulus, bisa memutar balikkan Kebenaran, yang nantinya justru membawa kepada kebinasaan (ay.16) .

?Sampai hari ini banyak orang dibingungkan karena tulisan-tulisan Paulus. Karena itu ada beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika membaca tulisan-tulisan rasul Paulus.

  1. Kita telah membaca sampai selesai seluruh kitab suci. Mulai dari kejadian sampai wahyu.
  2. Kita harus mengerti perkataan-perkataan Tuhan Yeshua, dan memegang teguh perkataanNya.
    3.Kita harus mempunyai pengertian dasar yang benar tentang perintah-perintah, ketetapan-ketetapan, peraturan-peraturan yang diberikan Elohim kepada Musa.
  3. Kita harus mengerti kondisi/keadaan setiap jemaat kepada siapa rasul Paulus menujukan tulisannya. Karena semua tulisannya berupa surat-surat yang ditujukan kepada jemaat tertentu dengan kondisi tertentu.
  4. Mintalah tuntuntan Roh Kudus untuk menerangi pikiran kita dan memberikan hikmat kepada kita.

?Dengan kata lain, kita tidak bisa sembarangan dalam mengartikan tulisan-tulisan rasul Paulus. Ada hal-hal yang tidak bisa diambil begitu saja dan diaplikasikan dalam kehidupan kita sekarang, karena tulisan-tulisan Paulus sangat dipengaruhi dengan keadaan dan situasi kondisi saat itu. Tulisannya tidak bisa hanya diambil secuplik saja untuk diterapkan.

?Biarlah kita semakin berhati-hati dalam kehidupan kita ini. Jalan Kebenaran bukanlah jalan yang mudah, karena si jahat sangat berusaha untuk membelokkannya. Biarlah kita semua senantiasa bergandeng tangan, saling mengingatkan dan menguatkan, sambil terus berada dalam pimpinan Roh Kudus yang akan menolong kita.
Tuhan Yeshua memberkati kita semua….????❤