KARENA KASIHNYA

Suatu ketika teman kami sekeluarga datang bertamu ke rumah. Mereka mengajak kedua anaknya yang masih kecil. Si kakak berusia 6 tahun dan si adik berusia 4 tahun. Setelah duduk sebentar di ruang tamu, si kakak mulai menjelajahi rumah kami, sampai ke bagian belakang. Si adik tetap duduk tenang bersama kedua orang tuanya yang sedang bercakap-cakap dengan kami. Tidak lama kemudian si kakak mengambil tempelan-tempelan yang ada dipintu lemari es, dan melemparkannya kemana-mana. Melihat apa yang dilakukan kakaknya, si adik berlari dan mengikuti perbuatan kakaknya. Kedua orang tuanya melihat tapi tidak mengatakan apa-apa. Mereka hanya tersenyum saja. Terus terang saya tidak bisa tersenyum melihat tempelan kulkas, cinderamata yang kami peroleh hancur berantakan.

Anak-anak yang tidak dididik tidak akan mengerti bagaimana harus bersikap dan melakukan sesuatu yang baik.

? AMSAL 3

  1. Hai anakku, hendaklah engkau tidak menolak didikan YHWH, dan hendaklah engkau tidak benci akan peringatan-Nya.
     12. Sebab YHWH menegur siapa yang Dia kasihi, bahkan seperti seorang ayah terhadap anak yang ia perkenan.
     13. Berbahagialah orang yang mendapatkan hikmat, dan orang yang memperoleh pengertian;
     14. karena keuntungannya melebihi keuntungan perak, dan hasilnya melebihi emas murni;
     15. dia lebih mulia daripada batu merah delima; apa pun yang kamu inginkan, tidak dapat dibandingkan dengannya.
     16. Umur panjang ada di tangan kanannya; kekayaan dan kehormatan di tangan kirinya.
     17. Jalannya adalah jalan kesenangan dan segala jalannya, damai sejahtera.

?‍?Teguran dan didikan itu selalu tidak menyenangkan tetapi baik. Tidak ada seorang manusiapun yang tidak membutuhkan didikan dan teguran Tuhan, karena kita semua belum sempurna bahkan jauh dari sempurna.

?‍?Bentuk didikan dan teguran yang Tuhan berikan, mulai dari Firman yang menegur, peristiwa demi peristiwa, sampai kepada sakit penyakit. Tidak ada yang enak, tetapi setiap didikan pasti untuk mendatangkan kebaikan.

?‍?Tuhan mendidik kita agar kita memperoleh hikmat dan pengertian, yang diikuti dengan keuntungan- keuntungan lainnya, yang nilainya melebihi emas dan perak.

?‍?Tuhan mendidik dan menegur karena Tuhan mau memberikan hal-hal yang indah dan mulia dalam kehidupan kita. Hikmat yang disediakan Tuhan adalah anugerah yang sangat berharga dan tak bernilai.

?‍?Tanpa didikan yang kita terima, kita tidak bisa mempunyai mata rohani yang terbuka dan hati yang lembut untuk menerima perkara-perkara rohani yang Tuhan sediakan. Pukulan di perlukan agar kebodohan disingkirkan.
*Ams.22:15. Kebodohanlah yang akan terikat di dalam hati orang muda, tongkat didikan akan memisahkan dia jauh dari padanya. 

?‍?Biarlah kita menerima setiap didikan Tuhan dengan ucapan syukur, sambil terus memacu diri agar mengerti kehendakNya dan semakin berkenan di hadapanNya. Tuhan Yeshua memberkati kita semua….?????❤