JANGAN LENGAH

Kita sering mendengar bahwa seseorang jatuh bukan karena batu yang besar, tetapi karena kerikil yang kecil. Batu yang besar pasti tampak di depan mata. Tetapi kerikil kecil, akan membuat orang yang lengah dan tersandung.

Raja Daud mengasihi Tuhan dan takut akan Tuhan sepanjang hidupnya. Tetapi karena kelengahannya, penderitaan demi penderitaan masuk dalam hidupnya.

? 2 SAMUEL 11

  1. Dan terjadilah pada pergantian tahun, pada waktu para raja keluar, Daud mengutus Yoab dan hamba-hambanya bersama dengannya, serta seluruh Israel. Dan mereka menghancurkan bani Amon dan mengepung Kota Raba. Namun Daud tetap tinggal di Yerusalem.
     2. Dan terjadilah pada waktu petang, Daud bangkit dari tempat tidurnya dan berjalan ke sana kemari di sotoh istana raja. Lalu ia melihat dari atas sotoh, seorang wanita sedang mandi. Dan wanita itu sangat indah kelihatannya.
     3. Lalu Daud menyuruh orang dan bertanya perihal wanita itu. Dan orang itu berkata, “Bukankah ini Batsheba, putri Eliam, istri Uria, orang Het itu?”
     4. Dan Daud mengirim utusan dan mengambilnya. Dan wanita itu datang kepadanya, lalu Daud berbaring dengannya. Kemudian wanita itu membersihkan diri dari kenajisannya, lalu pulang ke rumahnya.
     5. Dan wanita itu mengandung. Maka dia menyuruh orang, dan memberitahu Daud, dan berkata, “Aku mengandung.”
     6. Dan Daud menyuruh Yoab, “Suruhlah Uria orang Het itu kepadaku!” Maka Yoab mengutus Uria kepada Daud.

Hanya ‘ peristiwa kecil‘ tampaknya yang membuat begitu banyak masalah terjadi dalam kehidupan raja Daud.

Diawali dari, raja Daud santai di istana sementara para raja ke luar untuk berperang. Ketika sedang bersantai, raja Daud melihat seorang wanita sedang mandi. Dan inilah awal dari bencana yang terjadi dalam kehidupannya.

Serentetan peristiwa terjadi akibat perbuatannya mengambil isteri orang lain. Terjadi pemerkosaan, pembunuhan diantara anak-anaknya. Kematian anak hasil hubungan gelap dengan Bathsyeba. Kemudian anaknya Absalom memberontak melawan raja Daud, dan mengambil alih kekuasaan, meniduri selir-selir ayahnya di depan umum. Dan berakhir dengan kematian Absalom.

Banyak peristiwa yang menyedihkan yang terjadi dalam kehidupan raja Daud. Semua diawali dari suatu hal ” kecil ‘ yang dilakukannya. Seandainya raja Daud pergi berperang, serentetan peristiwa yang menyedihkan mungkin tidak terjadi.

Tetapi kita percaya, meskipun orang benar itu jatuh, asal ada pertobatan maka Tuhan sanggup memulihkan. Demikian juga dengan raja Daud. Raja Daud dipulihkan, bahkan kemudian melahirkan raja Salomo dengan Bathsyeba. Dan raja Salomo juga menjadi bagian dari kelahiran Tuhan Yeshua di muka bumi ini.

Biarlah hidup kita senantiasa dipimpin oleh Roh Kudus dan dihindarkan dari kelengahan yang bisa berakibat fatal. Dan seandainya terlanjur melakukan kesalahan cepatlah bertobat agar Tuhan memberikan pemulihan. Tuhan Yeshua memberkati kita semua….?????