MENGOBARKAN KARUNIA ROHANI
Ps. Samuel Supriyadi

Jawab Petrus kepada mereka: “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yeshua HaMashiakh untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus. (Kisah Para Rasul 2:38)

Ada berbagai karunia Roh

            Ketika seseorang menjadi percaya kepada Tuhan Yeshua, Dia memberikan karunia Roh (pemberian Elohim) untuk memperlengkapi perjalanan kehidupan rohani orang tersebut (baca 1 Korintus 12:8-11).

Begitu penting manfaat karunia Roh ini sehingga Rasul Paulus menasehati dengan sungguh-sungguh kepada Timotius, supaya mengobarkan karunia Roh tersebut.

Karena itulah kuperingatkan engkau untuk mengobarkan karunia Elohim yang ada padamu oleh penumpangan tanganku atasmu (1 Timotius 1:6)

Mengapa karunia Roh ini perlu dikobarkan?

  1. Karena waktu diberikan masih berupa benih (kecil) sehingga perlu dipelihara, ditumbuhkembangkan, perlu dilatih, perlu training.

Kadang sebagai orang percaya kita lupa bahwa sebagaimana hal-hal jasmani, juga hal-hal rohani perlu dilatih.

Latihlah dirimu beribadah. Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang (1 Timotius 4:7B-8).

  • Jika tidak dikobarkan (dikipasi seperti arang supaya terus menyala; versi Amplified), maka karunia Roh tersebut akan padam. Jadi, karunia Roh ini kalau kita biarkan, tidak dengan sendirinya terus menyala. Seperti, perumpamaan 5 gadis yang bodoh dan 5 yang bijaksana. Pelita gadis-gadis yang bodoh lambat laun padam, karena tidak dijaga agar tetap menyala dengan membawa ekstra minyak.

Jangan padamkan Roh, dan janganlah anggap rendah nubuat-nubuat. Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik. (1 Tesalonika 19-21)

  • Tanpa karunia Roh, kehidupan rohani dan pelayanan kita tidak akan maksimal. Karena tanpa karunia Roh, kita akan menjalani kehidupan kristen yang menggunakan kekuatan sendiri.

Tanpa mempergunakan karunia Roh, ketika Daud memainkan kecapinya, roh jahat yg mengganggu Raja Saul tidak akan pergi. Juga tanpa karunia Roh, tidak mungkin Daud bisa mengalahkan raksasa Goliat hanya dengan sebuah batu kecil.

Karunia Roh dapat melipatgandakan kekuatan yang luar biasa.

Tuhan menghendaki perlengkapan dari surga ini dimiliki oleh murid-murid-Nya. Sebelum naik ke surga, Tuhan berpesan kepada murid-murid-Nya agar tidak meninggalkan Yerusalem sampai mereka diperlengkapi dengan Roh Kudus (karunia Roh).

Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi (Kisah Para Rasul 1:8).

  • Jika karunia-karunia Roh di antara orang percaya tidak dikobarkan, maka pertumbuhan atau pembangunan tubuh Kristus tidak bisa sempurna seperti yang Tuhan kehendaki.

Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, (Efesus 4:11-12)Sudahkah kita mengobarkan dan mempergunakan karunia Roh yang kita miliki?