October 31, 2022

FORTY

FORTY

Sesuai Torah Parsha (pembacaan firman dalam Jews dan Messianic) membahas tentang Noach (Nuh). Kisah tentang penyelamatan Tuhan atas keluarga Nuh dalam bahtera (teivah, words, firman) (Kejadian 7: 1-4). Terjemahan dalam teks asli (7: 4), “Nanti di tujuh hari yang lain, AKU akan menurunkan hujan atas bumi untuk EMPAT PULUH HARI DAN EMPAT PULUH MALAM lamanya. Dan, AKU akan menghapuskan semua makhluk yang sudah AKU ciptakan dari muka bumi.”

Angka 40

Berawal dari acara dedikasi di Bukit Hermon, Wonosalam. Bukit Hermon identik dengan embun (bahasa Ibrani, טַל – tal) memiliki gematria (angka) 39. Yusuf juga menduduki posisi di Mesir di usia 39 tahun. Embun berbicara tentang belas kasihan (mercy), sedangkan hujan berbicara tentang keadilan (justice) (band. Ulangan 32: 2, Zakharia 14: 17). Artinya, tindakan manusia menentukan turunnya hujan. Saat hujan turun 40 hari 40 malam dapat disimpulkan betapa jahatnya perbuatan manusia.

Belas kasihan atau mercy berkaitan dengan kisah pasangan suami istri (Kejadian 25: 20-21). Ishak bukan hanya berdoa, melainkan memohon dengan sangat (entreated). Secara atribut justice (keadilan), mereka tidak bisa memiliki anak (mandul), tetapi Ishak memohon belas kasihan Tuhan.

Dalam Sukkah 14a, “Ketika Ishak dan Ribkah berdoa memohon seorang anak, mereka merujuk pada atribut belas kasihan. Maka dipergunakanlah kata ’entreated.’ Mengapa doa-doa orang benar diumpamakan seperti GARPU RUMPUT? Alat ini berfungsi untuk memindah jerami, begitu juga dengan DOA-DOA ORANG BENAR akan memindah pikiran Tuhan dari atribut justice (keadilan) ke atribut mercy (belas kasihan).

Makna angka 40

  1. Full Potential

Angka 40 merupakan fase seseorang mencapai potensi hidupnya (band. Ulangan 29: 2-4). Terjemahan Literal, ‘’ … Tuhan belum memberikan kepadamu hati untuk mengerti, mata untuk melihat, dan telinga untuk mendengar SAMPAI PADA HARI INI. Aku menuntun kamu melalui padang gurun selama 40 tahun.”

Menurut Rashi Commentary, “Seseorang tidak bisa paham kedalaman pikiran gurunya atau hikmat yang dia pelajari sebelum 40 tahun.” Kita dapat paham bangsa Israel harus berputar-putar di padang gurun 40 tahun.

Dalam Pirkei Avot 5: 22, “Empat puluh adalah usia PENGERTIAN (binah). Seseorang akan memperoleh binah – pengertian yang matang dan penuh, sehingga mencapai POTENSI YANG PENUH di usia 40.” Contohnya, Musa (usia 40 tahun melarikan diri ke Midian, 80 tahun membawa bangsa Israel keluar dari Mesir, dan 120 tahun meninggal dunia).

  1. Completion

Musa naik pertama ke gunung Sinai, 40 hari. Lalu, naik lagi ke dua kalinya selama 40 hari (bertepatan dengan Yom Kippur) untuk memohon ampun atas dosa lembu emas. Huruf ת (Tav) gematria 400 (40 x 10), yang menjadi huruf depan dari Torah, Tefillah, dan Teshuvah. Kita telah belajar tentang tahun Ibrani 5783. Tahun ini, saatnya untuk memperkatakan firman-Nya (rhema) dan lakukan (mengambil sikap dan tindakan) supaya kita bisa mengalami janji-janji Tuhan (memperoleh mukjizat dan kuasa Tuhan).

  1. New Phase

Selalu ada hal baru atau misi selanjutnya yang Tuhan berikan. Seperti Tuhan Yeshua, sebelum memulai pelayanan-Nya, DIA berpuasa 40 hari 40 malam. Mengapa hujan harus turun 40 hari 40 malam sama seperti mikveh (ukuran air 40 se’ah). Artinya, Tuhan bukan sekadar menghukum, melainkan mikveh (catatan: air bah dalam Ibrani, מַבּוּל-Mabul, kekacauan). Setelah keluar Nuh melihat bumi kosong, sebuah bumi yang baru.

Gematria 40 ada juga di huruf מ (Mem), yang menjadi huruf awal dari Mashiach (Mesias), Mayim (air). Tuhan mikveh bumi dengan air (40 hari 40 malam). Kita harus seperti Nuh berada di dalam bahtera (firman Tuhan dan doa, band. Kej. 7: 17). Sebab bagi mereka di luar bahtera adalah kematian (band. Kej. 8: 21-22). Kekacauan (gambaran air bah) akan begitu rupa terjadi, tetapi pastikan kita berada di dalam ‘bahtera.’

Kesimpulan  

Air bah membuat bahtera Nuh terangkat. Karena itu, pastikan kita berada di dalam “bahtera Tuhan” (firman dan doa). Sebab di luar bahtera, air bah akan membunuh. Namun, yang berada di dalam bahtera, air bah akan mengangkat kita lebih tinggi.