April 22, 2022

KEMERDEKAAN DALAM KRISTUS

KEMERDEKAAN DALAM KRISTUS

Yesaya 53

Saat ini kebanyakan orang tidak terlalu peduli dengan penderitaan Tuhan Yeshua. Peristiwa pengorbanan Tuhan Yeshua menjadi hal yang biasa. Padahal jelas tertulis dalam kitab suci bahwa penderitaan Tuhan Yeshua itu karena menanggung semua kesalahan kita. Jika Tuhan Yeshua tidak menderita dan disalib, kitalah yang harus mengalami penderitaan seperti itu karena dosa dan pelanggaran kita (Yesaya 53: 4, 5, 6, 11, 12).

Tuhan Yeshua datang untuk menyelesaikan masalah yang utama, yaitu masalah DOSA. DOSA adalah setiap pelanggaran akan perintah Tuhan. Masalah dosa adalah masalah besar di hadapan Tuhan. Karena setiap perintah Tuhan bukanlah hal yang remeh, melainkan mempunyai arti dan maksud yang dalam. Satu pelanggaran terhadap perintah Tuhan dapat berakibat banyak hal.

DOSA juga sangat menghalangi Tuhan bekerja dalam kehidupan kita. Dosa memisahkan kita dari Tuhan, “Lihatlah, tangan YAHWEH tidaklah kurang panjang untuk menyelamatkan, dan telinga-Nya, tidaklah berat untuk mendengar. Namun, kejahatanmu telah memisahkan kamu dari Elohim-mu, dan oleh karena dosa-dosamu, Dia telah menyembunyikan wajah-Nya darimu, dan Dia tidak akan mendengarkanmu” (Yesaya 59: 1-2).

Dosa hanya bisa diselesaikan dengan darah (Ibrani 9: 22).  Dalam hukum Taurat, hampir segala sesuatu disucikan dengan darah dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan. Sebelum kedatangan Tuhan Yeshua, korban darah binatang dilakukan untuk penebusan dosa. Ketika umat Tuhan bersalah kepada Tuhan, maka para imam mempunyai tugas untuk mempersembahkan korban penghapus dosa untuk menenangkan Tuhan. Sekali dalam setahun, Imam Besar masuk ke dalam Ruang Maha Suci untuk mengadakan pendamaian bagi umat, yaitu di hari raya Yom Kippur. Korban-korban darah binatang tidak bisa menghapus atau menyucikan dosa kita, tetapi hanya untuk menenangkan hati Bapa (Imamat 4: 13-21, 31).

 

Tuhan Yeshua sebagai Imam Besar kita, mengorbankan diri-Nya sendiri sebagai korban penghapus dosa dan membawa darah-Nya sendiri (Ibrani 9: 11-12), sehingga kuasa dosa dihancurkan dan kita dapat berkemenangan, tidak terus jatuh ke dalam dosa. Sebab kita tidak mempunyai kemampuan untuk melawan dosa dan keinginannya.

Tuhan Yeshua menanggung segala kesalahan, dosa, dan kelemahan kita. Tuhan Yeshua adalah Imam Besar kita, yang dapat turut merasakan apa yang kita rasakan.

IBRANI 4:14-16

Oleh karena itu, kita yang telah ditebus oleh darah Tuhan Yeshua, seharusnya tidak berbuat dosa lagi, seperti yang dikatakan oleh rasul Yohanes dalam 1 Yoh. 3:5-9. Apabila kita terus-menerus bermain-main dengan dosa, sama halnya kita sedang mempermainkan pengorbanan Tuhan Yeshua bahkan menginjak-injak darah Anak Domba. Mereka yang melakukan hal seperti itu, tidak ada lagi penghapusan dosa. Mereka harus menanggung sendiri akibat dosanya (Ibrani 10: 26-31). Tuhan Yeshua telah berkorban sedemikian rupa, maka layaklah apabila Bapa di surga murka terhadap mereka yang meremehkan dan mempermainkan pengorbanan Tuhan Yeshua di atas kayu salib.

Semua permasalahan di dunia ini bersumber pada dosa. Dosa membuat kita tidak bisa menaati perintah-perintah Tuhan. Dosa mengakibatkan kita tidak bisa melayani Tuhan dan Kerajaan-Nya. Dosa adalah akar semua penderitaan, sakit penyakit, dan persoalan-persoalan yang ada di dunia ini. Manusia selalu berusaha mencari solusi untuk masalah-masalah yang ada di dunia ini. Meskipun tampaknya bisa, tetapi akan menimbulkan masalah-masalah baru yang lebih rumit. Karena akar permasalahannya tidak diselesaikan. Tidak ada yang dapat menyelesaikan masalah dosa, hanya Tuhan Yeshua yang bisa. Pengampunan atas dosa hanya bisa diberikan oleh Tuhan Yeshua.

Manusia tidak mempunyai kemampuan untuk mengatasi masalah dosa. Pada umumnya manusia sulit menguasai diri, tidak bisa menghilangkan kesombongan, kebencian, sakit hati, iri hati, dengki, kemarahan, dan kecewa; yang kita tahu itu semua ada di manusia roh kita. Hanya Tuhan Yeshua yang bisa membersihkan dan memperbaiki manusia roh kita. Karena itu dalam perayaan Pesakh ini, marilah kita datang kepada Tuhan, dan sungguh-sungguh mau membereskan kehidupan kita di hadapan Tuhan.

Tuhan Yeshua datang untuk memberi kemerdekaan dan kelepasan dari ikatan dosa supaya kita dimerdekakan dan bisa melayani Tuhan.